Kamera LO-FI

so this time im interested with lomo or toycam or camera low-fi. apapun namanya, it challenged me to touch and play with em! kamera dengan fitur-fitur minim yang gak secanggih DSLR dan Digital pocket camera lainnya.

disini gua lagi mengincar 4 kamera.

1. FUJI MDL-9 
kenapa ini? karena setelah gua googling, kamera ini menghasilkan gambar yg ciamik dan tajam. dan memiliki warna dan fungsi yg unik dengan aspek mode panoramanya. dg apperture f/8, 1/100, dg ukuran film normal 35mm. kalo mau disearch lebih dalam lagi, mungkin lo bisa ngedapetin kamera ini diloakan dengan harga 5ribu bahkan 10ribu. tapi inget, tergantung yg jual lho! biasanya yg mengerti soal keunikan kamera ini akan menjual dengan price kisaran 60-100ribuan. kalo barang 2nd mungkin >45ribuan.
dan sayangnya, gua cuman bisa dapet dengan harga 100ribu.








hasil gambar:









2. FISHEYE 2
kenapa fisheye kaaar? efek kamera cembungnya ini yg bikin gua tertarik untuk membelinya. sekaligus, fisheye2 itu viewfindernya udah cembung juga lensanya, jadi kita bisa tau gimana bentuk foto kita tanpa pake ngira2. PLUSSSS, udah termasuk dengan bulb dan multiple exprosurenya. beserta ring flashnya juga. kurang apalgi baaang?
sejauh ini harga yg gua dapet sekitar 600-900ribuan. 
mahal, yes?




hasil gambar:


3. HORIZON KOMPAKT
kalo kamera ini dikategorikan lomo, analog cam dan kamera lo-fi. walaupun kita bisa menyetting apperture dan fitur2nya. DAAAAAN, yg jelas ini salah satu kamera lo-fi yang menghasilkan gambar panorama dengan swing lensnya. jd bisa utak atik kelengkungan dalam foto, tapi blm ngerti lebih jelasnya sih, soalnya belom megang secara langsung :P
buat price kompakt, sekitar 2juta smpe 3 jutaan. kalo mau murahan dikit, beli horizon yg 202. sekitar 1,5 jt-2,5juta.







hasil gambar:









4. HOLGA 120GN
nah, kalo satu ini must-have-item. jadi setelah membeli fuji mdl-9 tadi, gua berencana untuk membeli yg satu ini. spesialnya dimana sih kar? dimana ya, mungkin dengan format film 120mm-nya itu. kelebihannya bisa memakai format optional film yg 35mm juga. sedangkan kamera analog yg dg format film 35mm gak bisa pake format film 120mm ini :P
dengan mode bulb dan multiple exposure, flashnya eksternal (hot-shoe), glass lens, mask frame 6x6 & 6x4.5 dan yg jelas gak perlu pake batre.
cukup dengan harga kisaran 350-450ribu.








hasil gambar:

"apapun kameranya, yg penting MOTRET!" kata mas sandy wijaya. ada juga yg bilang, "lomo itu ga perlu tekhnik, ambil aja momen trus potret terus." dan yg terakhir, "your camera doesnt matter too much" itu kata mas Sandy Wijaya lagi :P

practice makes perfect! kebetulan gua bergabung dengan komunitas Klastic di Jogja. dan setelah gua bisa mendapatkan hasil2 jepretan yg saik, gua akan posting disini lagi. cant wait!

Post a Comment